Berjalan, Mendaki, Melintas dan Menikmati Setiap Pesona yang Disuguhkan Alam

Wednesday 11 June 2014

Air Terjun Nggoza Toma & Tiwu Papa




Assalamu Alaikum, Salam Rimba untuk sobat semua. Pernah dengar Air Terjun Nggoza Toma & Tiwu Papa? Mungkin sebagian dari sobat pernah mendengar tentang kedua air terjun ini atau bahkan pernah mengunjunginya. Nah, bagi yang belum, kali ini kami akan share tentang kedua spot yang menarik ini.


Nggoza Toma & Tiwu Papa terletak di Kampung Ae Bhoko, Desa Rabu Ria, Kecamatan Ende, Kabupaten Ende. Bagi yang sering ke Kelimutu atau Wolowaru tentu tidak sering melewati jembatan di KM 14, disitulah jalur masuk menuju kedua lokasi itu.

Untuk mencapai lokasi yang dimaksud, kita akan melewati pinggiran sungai atau bisa juga berjalan menyisiri sungai. Berdasarkan penuturan warga setempat, di lokasi ini terdapat empat titik air terjun, dua buah di bawah, dua buah lagi berada di atas bukit. Hal ini sesuai yang kami lihat di lapangan. Namun demikian, nama air terjun tersebut hanya dua, yaitu Nggoza Toma yang merupakan air terjun pertama yang akan kita jumpai. Tak jauh dari lokasi pertama, akan ada air terjun kecil di atasnya.

Sedangkan air terjun berikutnya, yaitu Tiwu Papa berada di atas puncak. Untuk mencapainya kita harus berjalan mendaki menyusuri sungai. Warga setempat biasanya melarang pengunjung ke lokasi ini karena medan yang terjal dan licin. Alhamdulillah, meski demikian, Ahad kemarin (08-06-14) kami mencapai puncak.

Bagi sobat yang ingin menikmati keindahan Tiwu Papa, kami sarankan agar memperhatikan cuaca. Pastikan tidak ada hujan yang turun dalam rentang waktu 2-3 hari sebelum menuju ke lokasi. Jika terjadi hujan terutama dengan intesitas yang tinggi dan lebat, air sungai akan keruh dan permukaan bebatuan akan lincin. Ini menyebabkan kita sulit menuju ke puncak bukit atau ke lokasi Tiwu Papa.

Berikut ini penampakan Air Terjun Nggoza Toma dan Tiwu Papa :






















































































 






 
























No comments:

Post a Comment